android robot


Baru-baru ini para pengguna Android di Australia merasakan adanya peningkatan ancaman terhadap keamanan masing-masing individu. Salah satu bentuk ancaman tersebut berupa adanya penipuan yang melibatkan perbankan online internasional.
Para pelaku penipuan tersebut mengiklankan produknya pada aplikasi mobile yang pernah di-instal pada smartphone dan tablet Anda. Para pelaku mengambil informasi mengenai data pribadi pengguna, termasuk nomor transaksi mobile yang pernah dilakukan. Setelah data pribadi pengguna didapatkan, para pelaku melakukan aksinya.
Hal ini menyebabkan kekhawatiran bagi para pengguna smartphone dan tablet yang menggunakan perangkat Android. Itdak mengherankan apabila mereka berusaha mencari cari untuk berlindung dari malware.
Tenyata, ancaman terbesar bukan dari malware, melainkan dari para pengguna Android sendiri yang mencoba mengakses informasi secara tidak sah. Namun, ada berbagai cara untuk mengagalkan aksi para pelaku, yaitu sebagai berikut :
- Selalu mengunci perangkat
Hal ini merupakan salah satu cara paling sederhana, cukup membuat PIN atau kode pada smartphone dan tablet Anda. Ketika perangkat anda dalam keadaan terkunci, para pelaku akan kesulitan untuk mengakses data yang terapat di di perangkat Anda.
- Gunakan Official AppStore
Tidak peduli seberapa menariknya sebuah aplikasi, usahakan Anda menghindari menginstal aplikasi dari pihak ketiga. Selain itu, Anda harus membaca setiap ulasan dan menyadari hak akses yang diminta.
- Aktifkan enkripsi
Hal ini akan mengakibatkan para pengguna yang tidak sah tidak dapat mengakses data tanpa memasukan PIN atau kode yang benar. Anda dapat melakukan pencegahan tersebut hanya dengan mengaktifkannya di pengaturan keamanan.
- Selalu backup data Anda
Ketergantungan pada smartphone dan tablet milik Anda pada setiap hari akan tersimpan data-data penting milik Anda. Sama seperti komputer, Anda perlu mem-back up data secara teratur. Hal tersebut akan secara otomatis data cadangan anda akan dienkripsi.
- Instal software keamanan
Menginstal software keamanan merupakan solusi paling sederhana yang dapat mengatasi berbagai masalah. Selain mampu memindai aplikasi yang berbahaya, software tersebut juga dapat mendeteksi website phising, memberikan informasi mengenai perizinan yang dibutuhkan oleh aplikasi, serta memilik berbagai macam fungsi lainnya yang menguntungkan.
Semoga langkah-langkah di atas dapat menghindari perangkat Android Anda dari serangan malware yang kian merajalela. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curi Semua Password Dengan laZagne