PENGERTIAN FIREWALL DAN FUNGSINYA


RTRWBLOG - Keamanan komputer mutlak dijaga sebaik mungkin. Ibarat rumah, tentu saja sistem keamanan harus diperhatikan dengan baik dan sedetail mungkin agar tidak mudah dijebol oleh orang yang punya niat jahat, semisal maling atau perampok. Maka dari itu, biasanya akan dibuatlah dinding yang tinggi dan kuat disertai dengan pendukung keamanan lainnya. Begitu juga dengan komputer, jika ingin aman dari serangan yang mematikan dalam berbagai bentuknya, dan biasanya banyak berasal dari jaringan internet. Maka, demi menjamin keamanan inilah, maka ada sebuah tembok keamanan bernama firewall [tembok api].

pengertian firewall dan fungsinya

Dengan adanya firewall ini, maka komputer anda akan lebih terjamin tingkat keamanannya. Karena pada saat ini, dari dunia maya / internet telah banyak sekali ancaman yang bisa kapan saja menyusup ke komputer kita. Jadi, sudah barang tentu anda sangat disarankan untuk mengaktifkan firewall yang ada di komputer anda demi keamanan komputer anda dan data-data penting anda. Sistem anda wajib dilindungi, karena  jika terjadi kerusakan pada sistem anda, maka dapat dipastikan komputer anda akan mengalami ketidakberesan dan tidak menutup kemungkinan juga rusak. Tidak menutup kemungkinan juga, data-data penting yang anda miliki bisa tercuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Ketika anda sudah menyadari betapa pentingnya firewall bagi komputer anda, selanjutnya anda akan kami berikan informasi mengenai sebenarnya apa sih itu firewall, dan apa saja fungsinya? dengan sedikit penjabaran di awal tadi, seharusnya anda sudah sedikit mengerti gambaran mengenai firewall ini. Namun untuk lebih detailnya, anda bisa membaca dibawah ini.

Pengertian firewall :
Firewall adalah sebuah sistem perangkat lunak keamanan / proteksi  yang dirancang untuk mengatur dan mengawasi lalu lintas jaringan yang berperan aktif dalam memberikan izin kepada semua lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melewatinya/melaluinya dan untuk mencegah / memblokir semua lalu lintas jaringan yang masuk dalam kategori tidak aman.

Jadi, apabila firewall mendeteksi adanya lalu lintas yang dirasakan berbahaya / tidak aman, maka firewall akan memblokirnya. Hanya lalu lintas jaringan yang aman saja yang memiliki izin untuk bisa melewati dinding api atau firewall ini. 

Oke, anda sudah tahu apa itu pengertian dari firewall. Sekarang saatnya anda mengetahui apa sih fungsi dari firewall atau dinding api. Tentu saja fungsinya sangat bermanfaat dalam hal keamanan jaringan. Agar anda tidak penasaran, silahkan saja anda baca dibawah ini.

Seperti dikutip dari wikipedia, beberapa fungsi utama dari firewall adalah sebagai berikut :
  1. Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator
  2. Melakukan autentikasi terhadap akses
  3. Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan
  4. Melindungi sumber daya dalam jaringan privat
Intinya, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan adanya firewall dalam komputer anda jika anda tidak menginginkan hal-hal buruk terjadi pada komputer anda.  Sekali lagi, internet bisa menjadi sebuah ancaman tersendiri bagi keamanan data anda dan kesehatan sistem komputer anda. Jadi, hati-hati dan manfaatkanlah firewall sebagai salahs atu langkah pencegahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curi Semua Password Dengan laZagne