NSA mengumpulkan jutaan pesan teks secara global dalam program 'Dishfire': Laporan


us_nsa_reforms-635.jpg
The US National Security Agency telah mengumpulkan hampir 200 juta pesan teks per hari dari seluruh dunia, mengumpulkan data tentang rencana perjalanan orang, kontak dan transaksi kartu kredit, surat kabar Inggris Guardian melaporkan pada hari Kamis.
Kode-bernama "Dishfire," the NSA Program mengumpulkan "cukup banyak segala sesuatu itu bisa," kata Guardian, mengutip penyelidikan bersama dengan Inggris Channel 4 News berdasarkan bahan dari buronan mantan kontraktor NSA Edward Snowden .
Surat kabar itu mengatakan dokumen juga menunjukkan bahwa agen mata-mata Inggris GCHQ telah menggunakan database NSA untuk mencari metadata dari "ditargetkan dan tidak beralasan" komunikasi dari orang-orang di Inggris.
Ia menambahkan bahwa komunikasi dari nomor telepon AS telah dihapus atau "diminimalkan" dari database, sedangkan nomor dari negara lain, termasuk Inggris, disimpan.
Mengutip 2011 NSA presentasi subjudul "Pesan Teks SMS: Sebuah tambang emas untuk mengeksploitasi," kata Guardian tahun itu program ini mengumpulkan 194 juta pesan teks per hari rata-rata pada bulan April.
"NSA telah membuat ekstensif menggunakan database pesan teks yang luas untuk mengekstrak informasi tentang rencana orang perjalanan, buku kontak, transaksi keuangan dan banyak lagi - termasuk individu di bawah tidak ada kecurigaan dari kegiatan ilegal," kata laporan Guardian.
Presiden AS Barack Obama dijadwalkan akan mengumumkan reformasi pada hari Jumat untuk program penyadapan NSA, diminta oleh pengungkapan dari Snowden.
Pertanyaan tentang pemerintah AS memata-matai warga sipil dan pejabat asing menyerbu masuk ke tempat terbuka pada bulan Juni ketika Snowden membocorkan rahasia tentang koleksi massa data telepon dan menguping program rahasia lain untuk surat kabar sebelum melarikan diri ke Hong Kong dan kemudian ke Moskow.
Ditanya tentang artikel Guardian, NSA mengatakan, "Seperti yang telah kita sebelumnya menyatakan, implikasi bahwa koleksi NSA adalah sewenang-wenang dan tak terbatas adalah palsu."
Kegiatan instansi "yang fokus dan khusus dikerahkan melawan - dan hanya melawan - target intelijen asing yang valid dalam menanggapi kebutuhan intelijen," kata NSA dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa Dishfire diproses dan disimpan secara sah mengumpulkan teks-pesan, atau data SMS.
"Karena beberapa data SMS dari orang AS kadang-kadang dapat kebetulan dikumpulkan dalam misi intelijen asing yang sah NSA, perlindungan privasi untuk Orang AS ada di seluruh proses yang berkaitan dengan penggunaan, penanganan, retensi, dan penyebaran data SMS di DISHFIRE," badan kata.
"Selain itu, NSA aktif bekerja untuk menghapus data yang asing, untuk memasukkan bahwa warga negara asing yang tidak bersalah, sedini mungkin dalam proses," katanya. 
© Thomson Reuters 2014 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curi Semua Password Dengan laZagne